Inggris — Foto berwarna pertama The Beatles saat tur di Amerika Serikat akan dilelang di Inggris pada Maret mendatang.

Foto yang akan dilelang itu mencakup 65 slides foto yang diambil oleh ahli fisika terkenal Dr. Robert Beck. Termasuk yang akan dilelang adalah foto 4 pemain The Beatles John Lennon, Paul MCCartney, George Harrison dan Ringo Star di atas panggung dan di belakang panggung pada saat konser yang tiketnya terjual habis pada Agustus 1964, tepat setelah mereka membuat penampilan yang ikonik di pertunjukan The Ed Sullivan pada Februari.

Satu foto menunjukkan Harrison memainkan gitar Rickenbacker merahnya, yang mengiringi film band tersebut ‘A Hard Day’s Night’.

Koleksi foto-foto itu akan dilelang pada 22 Maret, bersamaan dengan peringatan 50 tahun keluarnya album The Beatles: Please Please Me.

“Ini adalah koleksi yang mengesankan, terutama karena semua slidenya berwarna,” kata pimpinan Omega Auction, Paul Fairweather seperti dikutip dari BBC, Senin (7/1).

Transparansi dan copyright dari foto itu akan dijual bersamaan. Diperkirakan lelang itu akan menghasilkan hinggga US$ 24.000 atau sekitar Rp 230 juta. (beritacepat.com)

KOMENTAR