Ujian Nasional SD (tribunnews.com)

ujian-nasionalSEJUMLAH sekolah yang ada di Aceh Utara akan mengikuti ujian nasional (UN) tingkat SD/MI 397 sekolah, SMP/MTS 135, dan SMA/SMK/MA 80 sekolah. Dihimbau untuk mematangkan persiapan siswa yang akan mengikuti UN, hanya satu minggu lagi.

Berkas soal UN disesuaikan dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian disekolah yang ada pada wilayah Aceh Utara, sistem pengawas masih seperti sistem yang tahun lalu, yaitu silang rayon dengan sekolah lainya. Skala prioritas hasil UN yang diharapkan betul-betul seperti slogan “Jujur, bersih, dan bermartabat”, bagi anak sekolah sportif tidak ada lagi kata “minta tolong”.

Saat dijumpai oleh salah satu wartawan media cetak dikantornya, Drs Azhari sebagai ketua panitia pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Pemuda dan olah Raga Kabupaten Aceh Utara, Selasa (8/4/2014) mengatakan, pelaksanaan UN SD/MI/SMP/MTS dan SMA/sederajat tahun ajaran 2013-2014 dibagi dalam beberapa lokal melibatkan puluhan pengawas juga telah melakukan bimbingan dan, uji coba (try out). “kami siap melaksanakan UN,” ujarnya.

Katanya lagi nilai rata-rata minimal 5,5, kalau disegi mata pelajaran paling rendah 4,0 dan untuk konpetensi kejuruan atau keahlian di tingkat SMK rata-rata 6,0.

Menurutnya Azhari selaku ketua panitia pelaksanaan UN untuk tahun 2014 ini jumlah peserta UN tingkat SD/MI 12,177. SMP 7,248, MTs 8,012. Dan SMA/MA/SMK 7,217.

“Dengan waktu yang tersisa ini siswa itu harapanya bisa memanfaaatkan belajar, juga nantinya ada peningkatan mutu UN lebih baik dari tahun yang lalu, tahun ini yang bersih supaya 99% lewat UN. Dan bagi guru bisa membimbing anak siswanya, kalau untuk pengawas UN agar betul-betul bekerja dengan ikhlas jangan ada kendala dan teliti sedetilnya pada biodata siswa saat mengisi dilembar jawaban siswa,” pungkasnya.

Peserta di Lhokseumawe

Sementara itu, jumlah peserta UN tahun 2014 di Kota Lhokseumawe mencapai 3.405 orang. Ketua UN Kota Lhokseumawe, Drs Ibrahim, mengatakan, kepada masing-masing sekolah disarankan menggelar doa bersama untuk menghadapi ujian ini.

Dijelaskan, sebanyak 25 sekolah di kota ini akan menyelenggarakan UN, yang terdiri dari 10 SMA, 6 MA, dan 9 SMK. Total jumlah peserta sebanyak 3.405 siswa, terdiri dari 2.212 siswa SMA/MA, yaitu SMA 1.558 orang, dan MA sebanyak 654 orang, sedangkan peserta UN SMK sebanyak 1.193 orang.

Selain itu, katanya, ada juga peserta ujian paket C sebanyak 252 orang, yaitu dari PKBM 107 orang dan dari SKB 145 orang. Namun, untuk ujian paket C ini sebagian pesertanya akan dilangsungkan pada April dan sebagian lagi Juli 2014.

Mata pelajaran yang diujikan dalam UN, lanjutnya, meliputi Matematika, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk jurusan IPA meliputi Fisika, Biologi dan Kimia, sedangkan jurusan IPS mata pelajaran Geografi, Ekonomi dan Sosiologi.

Disebutkan, untuk kelancaran pelaksanaan UN ini, Disdikpora melibatkan 242 tenaga pengawas untuk tingkat SMA/MA dan 128 pengawas untuk SMK.

Disinggung tentang persiapan pelaksanaan UN, Ketua Panitia UN Kota Lhokseumawe ini mengatakan, Disdikpora telah melakukan persiapan maksimal, baik dari penyelenggara maupun dari siswa sendiri. Siswa di semua sekolah telah melaksanakan jam pelajaran tambahan sepanjang Februari-Maret 2014 dan uji coba. (*/saumi)

KOMENTAR