Banda Aceh — Masyarakat Muslim Singapura yang bergabung dalam Badan Agama dan Pelajaran Radin Mas (BAPA) Radin Mas dalam tiga hari terakhir, mengunjungi sejumlah panti asuhan dan Yayasan Anak Yatim di Banda Aceh dan Aceh Besar, bersama Yayasan Kesejahteraan Ummat Aceh.

Kepala Bidang Proyek Khusus dan Fundraising, Basheer Ahmad, mengatakan tujuan pihaknya mengunjungi sejumlah pesantren dan yayasan yang terdapat di banda Aceh dan Aceh Besar untuk mendata kebutuhan dan keperluan mendesak yang dibutuhkan anak yatim di lembaga pendidikan agama.

Menurutnya, Badan Agama Singapura yang bergerak bidang pendidikan dan sosial selain di Aceh, pihaknya juga melakukan hal yang sama wilayah lain di Indonesia seperti di Timor Leste dan Jawa Tengah.

Tahun 2010 pihaknya, turut membantu program waqaf ribuan Al-Quran untuk ummat Islam di Ghana, Afrika Selatan.

Bantuan tersebut, kata dia, bersumber dari sumbangan yang dikumpulkan dari pribadi masyarakat, perusahaan atau lemabaga pemerintah dan non pemerintah di negeri singa tersebut.

“Meski bantuannya bersifat sedikit, namun kita prioritaskan bantuan yang sangat mendesak dan diperlukan oleh masyarakat dan anak yatim di Aceh,” ujar Basheer, Kamis (20/06/2012) di Banda Aceh.

Lembaga yang bergerak sejak 60-an ini, jelas Basheer, memiliki program untuk muslim penyandang cacat, sekolah tahfiz Al Quran, dan belajar agama untuk para orang dewasa. (Hidayatullah.com)

KOMENTAR