Jakarta — Salah satu jejaring sosial besutan anak negeri yang berbasis lokasi, Koprol atau yang dikenal dengan Yahoo! Korpol, seperti dilansir di blog Koprol Jum’at (29/6), secara resmi mengumumkan akan menutup jejaring sosial tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Situs yang diakuisisi oleh Yahoo! pada 25 Mei 2010 lalu ini dihentikan setelah mempertimbangkan kajian pada portofolio Koprol dan terhitung tanggal 28 Agustus mendatang semua fitur akan dihentikan total.

Selain itu Yahoo! juga beralasan bahwa penutupan produknya di Indonesia ini dilakukan dengan pertimbangan ke depan Yahoo ingin fokus untuk melakukan inovasi secara cepat dengan produk dan properti utamanya.

Berikut ini kutipan resmi dari pihak Yahoo! Koprol Indonesia terkait penutupan situsnya:

[quote]

Halo Koprollers,

Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal ke Yahoo! Koprol.

Sejalan dengan fokus Yahoo! untuk berinovasi dengan cepat dengan produk dan properti inti kami, dalam kuartal yang akan datang, kami akan menghentikan atau melakukan transisi beberapa produk yang tidak memberikan revenue atau engagement yang berarti. Setelah melakukan kajian portfolio produk secara seksama, Yahoo! memutuskan untuk menghentikan Koprol efektif pada tanggal 28 Agustus 2012.

Anda bisa ekspor profil, posting, review, check-in, dan gambar asli yang anda pernah upload dengan pergi ke ‘Export Data’ di m.koprol.com/export.

Anda bisa export data online anda kapan saja sebelum tanggal 28 Agustus 2012, tapi mohon perhatikan bahwa anda hanya bisa lakukan sekali saja.

Setelah anda mengekspor data, update profil, postingan, review, check-in, dan gambar yang anda upload ke Koprol sesudahnya tidak bisa diekspor lagi.

Untuk pengguna yang pernah membuat Koprol Business Profile, anda bisa menyimpan profil, postingan, dan gambar yang anda sudah upload, langsung ke komputer anda.

Account Yahoo! anda tidak terpengaruh.

Kami berterima kasih kepada semua pengguna yang sudah menjadi bagian komunitas ini dan berharap anda akan tetap menggunakan produk Yahoo! lainnya.

Salam,
Tim Yahoo! Koprol

[/quote]

Sekilas Tentang Koprol

Situs Koprol hadir menyapa pengguna di Indonesia pada awal tahun 2009, beberapa pendirinya adalah Satra Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto.

Koprol sendiri merupakan situs jejaring sosial yang memiliki layanan berbasis lokasi lazim foursquare, yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui tempat-tempat atau lokasi pengguna Koprol lainnya. Koprol juga memiliki fitur untuk berbagi foto, diskusi, serta merekomendasikan tempat-tempat yang layak untuk dikunjungi, baik di Indonesia atau di luar negeri.

Setelah diakuisis oleh Yahoo! pada tahun 2010 lalu, lonjakan pengguna terlihat drastis saat ini.

“User kami terus meningkat hingga lebih dari dua puluh kali lipat. Hal ini terjadi karena kami selalu melakukan inovasi guna mempermudah dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh para pengguna Koprol,” ujar co-founder Korpol, Satya Witoelar waktu itu.

Namun, berbagai kabar mengenai kemunduran perusahaan Yahoo! yang bermarkas di Sunnyvale, Amerika Serikat tersebut untuk menutup berbagai produknya beberapa tahun terakhir ini juga berimbas ke Indonesia.

Pihak Koprol pada bulan April 2012 lalu juga melakukan PHK terhadap puluhan karyawannya, dan ujung-ujungnya Agustus mendatang secara total aktivitas Koprol dihentikan.[]

KOMENTAR