Jakarta — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan 2 varian baru All New Serena yaitu Seri X dan HighwayStar dengan harga Rp 370 juta-Rp 390 juta “on the road” khusus untuk wilayah Jakarta.

“Nissan All New Serena akan diluncuran awal Januari 2013,” kata Vice President Director NMI Teddy Irawan, Kamis (13/12).

Meskipun belum diluncurkan secara resmi, Nissan All New Serena sudah diperkenalkan kepada awak media melalui test drive dengan rute Jakarta-Puncak-Bandung-Jakarta (via Tol Cipularang), pada 12- 13 Desember 2012.

Nissan All New Serena memakai mesin berkapasitas 1.997 cc. Dengan tenaga 147 PS pada 5.600 RPM dan torsi 206 Nm membuat mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV) ini mengundang hasrat untuk mencoba mengemudikannya.

Apa bedanya Seri X dan HighwayStar? Menurut Teddy Irawan, perbedaan itu terlihat mulai dari tampilan desain eksterior, headlamp dan sliding door, interior dan dimensi.

Seri X All New Serena terpasang halogen untuk headlamp, sedangkan HighwayStar sudah menggunakan headlamp xenon. Untuk sliding door HighwayStar sudah dilengkapi power di kedua sisinya, sementara itu pada seri X, fasilitas tersebut baru dipasang untuk sliding door sisi kiri. Sliding door bagian kanan mobil masih harus dioperasikan secara manual.

Dari sisi dimensi Seri X panjangnya 4.685 mm, sementara itu HighwayStar memiliki panjang 4.770 mm, lebar keseluruhan Seri X 1.695 mm dan HighwayStar lebarnya 1.735 mm.

Nissan All New Serena menawarkan segudang kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang di baris belakang. Di pasar, Nissan All New Serena ini akan bersaing dengan Toyota Nav1 dan Mazda Biante.

Dengan desain kabin yang luas di depan, tengah dan belakang, Nissan All New Serena menampilkan kesan dan menghadirkan pencitraan bahwa mobil ini merupakan kendaraan untuk keluarga yang diidamkan.

Ketika menjajal duduk di barisan belakang, tengah, depan dan di belakang kemudia, terasa tenaga mesin yang bertransmisi CVT ini “kuat” tapi cukup “lembut” terutama pada saat kendaraan mulai bergerak.

Walau Nissan All New Serena memang dirancang khusus untuk mobil yang nyaman untuk keluarga, pada putaran bawah mesin cukup responsif. Begitu gas ditekan, terutama di jalan Tol Cipularang, putaran mesin langsung melejit.

Dengan menggunakan ban berukuran 195/60, tampaknya Nissan All Serena menghadirkan kenyamanan di jalan berbelok dan lurus dengan kecepatan sedang sampai pada kecepatan 120 km/jam. (bisnis.com)

KOMENTAR