Jakarta, Seputar Aceh – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun depan dengan mengadakan lomba penulisan, fotografi jurnalistik tajuk media bertema “kemanusiaan” dan “demokrasi”. Lomba ini berhadiah Rp250 juta.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) atas karya jurnalistik di bidang pembangunan nasional.

Di laman http://pwi.or.id disebutkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2009 ini terbuka bagi seluruh wartawan Warga Negara Indonesia (WNI).

Untuk kategori anugerah yang dilombakan dan masing-masing berhadiah senilai Rp50 juta, yakni  untuk karya tulis jurnalistik tema kemanusian, karya tulis jurnalistik tema demokrasi, karya foto jurnalistik tema kemanusian, karya foto jurnalistik tema demokrasi dan karya tulis tajuk media massa.

Penyerahan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2009 dikaitkan dengan Hari Pers Nasional (HPN), pada 9 Februari mendatang.

Astrid BS Soerjo, putri bungsu tokoh pers nasional Adinegoro, mengharapkan anugerah jurnalistik ini menjadi peluang bagi seluruh wartawan Indonesia untuk berkompetisi membuat laporan jurnalistik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

“Ini menjadi peluang pula bagi wartawan di daerah, mulai dari Papua hingga Aceh,” kata Astrid. [sa-pwi]

KOMENTAR