Banda Aceh – Pemerintah Amerika Serikat melalui Education USA mengajak putra-putri Aceh untuk menempuh berbagai disiplin ilmu di 4000 universitas di negara adidaya itu. Pemerintah Amerika menyediakan puluhan beasiswa serta berbagai kemudahan lainnya.

“Selain dari pemerintah, masing-masing universitas juga menyediakan beasiswa serta kemudahan lainnya,” jelas Konsulat Jendral Amerika (Medan) Stanley Harsha saat peluncuran program panduan belajar di Amerika atau The 2010 EducationUSA Nationwide Advising di Gedung Serba Guna Kantor Gubernur Aceh, Selasa (27/4/2010).

Saat ini terdapat 120 warga Aceh yang sudah menempuh pendidikan di Amerika dan sudah bekerja di berbagai bidang. “Tahun ini ada belasan orang Aceh yang menyelesaikan study di sana,” jelasnya.

Koordinator EducationUSA Country Brook Ross menjelaskan, The 2010 EducationUSA Nationwide Advising memberikan kesempatan seluasnya bagi masyarakat (Aceh) Indonesia untuk meraih peluang belajar di Amerika Serikat.

Pihaknya juga menyediakan informasi lengkap untuk mewujudkan keinginan belajar di Amerika Serikat. “Kami menyediakan penasihat profesional yang  akan membimbing untuk mendapatkan universitas terbaik sesuai minat dan kebutuhan dengan memanfaatkan berbagai pilihan beasiswa yang tersedia,” ujarnya.

Dia menilai, orang Aceh mempunyai kesempatan lebih untuk belajar di sana, karena banyak orang Aceh sudah pernah terlibat dalam suasana kerja menggunakan bahasa Inggris dan memiliki pengalaman langsung dalam sejumlah upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascatsunami.

Menurut Brook, program tersebut kelanjutan dari inisiatif “Take Control” yang dilakukan Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia Cameron Hume pada November 2009. Melalui program ini, pihak kedutaan bertujuan meningkatkan hingga dua kali lipat jumlah warga Indonesia yang belajar di Amerika Serikat dalam lima tahun mendatang.

“Saat ini terdapat 7.500 mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Amerika Serikat. Bila ada yang berkeinginan belajar di Amerika, semua informasi dapat diakses di www.educationUSA.or.id” jelasnya.(*/ha/cta)

KOMENTAR