Bireuen, Seputar Aceh – Kabupaten Bireuen meraih juara umum di Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-VII yang dipusatkan di Kawasan Paya Kareung, Kecamatan Peusangan. Bireuen sukses mendapat peringkat dalam tiga kategori sekaligus.

Hasil penilaian dewan juri tersebut diumumkan pada penutupan pameran, Rabu (28/10) malam.

Dalam keputusan dewan juri yang diketuai Kepala BPM Aceh, Ali Basyah, disebutkan juara kategori perekayasa TTG diraih M Amin dari Pidie Jaya, yang menampilkan alat modifikasi penghalus tapak sepatu. Posisi kedua direbut Purnawarman Aceh Selatan, dengan alat pengolah minyak kepala murni. Juara ketiga diraih Said Iskandar Muda, dengan alat penyedot pasir.

Juara pertama kategori TTG diraih stand Banda Aceh. Juara kedua diraih Bireuen dan juara ketiga Kabupaten Aceh Singkil. Panitia juga mengumumkan kategori stand pameran, yakni juara pertama diraih Bireuen selaku tuan rumah, juara kedua diraih Banda Aceh dan juara ketiga diraih Kota Langsa.

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, dalam pidato yang dibacakan Bupati Bireuen Nurdin Abdul Rahman, saat menutup pameran, mengharapkan alat-alat TTG tradisional yang ada saat ini dapat  diiventarisir oleh masing-masing daerah untuk dikembangkan lebih lanjut melalui sentuhan teknologi mutakhir, sehingga alat-alat tersebut tetap terjaga. [sa-dsf]

KOMENTAR