Banda Aceh — Bulan Juli lalu, bisa jadi momen yang berharga bagi Rita. Mahasiswi Teknik Sipil Unsyiah yang bernama lengkap Cut Rita Kemala ini, tepatnya Minggu (8/07) di Taman Budaya, Banda Aceh secara resmi dinobatkan menjadi Putri Pariwisata Aceh 2012.

Kini, tugasnya untuk memajukan dan mempromosikan pariwisata Serambi Mekkah tidak hanya di Aceh saja, melainkan sampai ke berbagai pelosok tanah air bahkan mancanegara.

Saat ini, Rita juga mewakili Aceh untuk ikut dalam ajang pemilihan Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2012 yang acaranya puncaknya akan digelar 28 September mendatang di Jakarta.

“Sekarang panitia PPI juga sedang menyelenggarakan pemilihan Putri Favorit Indonesia 2012 lewat SMS, jangan lupa dukung Rita sebagai perwakilan dari Aceh ya,” ujarnya kepada SeputarAceh.com beberapa waktu lalu.

Ditanya tentang semangat apa yang akan dilakukan Rita untuk memajukan pariwisata Aceh, ternyata dara yang baru saja berulang tahun 3 September lalu ini punya keyakinan kuat untuk mempromosikan Aceh, khususnya lewat wisata Islami.

“Saya yakin dan percaya Aceh mempunyai potensi yang besar, selain panorama alamnya yang indah, kultur dan kebudayaan di Aceh bisa menjadi minat wisata dari jejak-jejak history yang pernah ada dan pastinya lewat Syariat Islam yang saat ini diterapkan,” pungkas si pemilik akun @cute_rite ini.

Rita juga menambahkan, wisata Islami yang sedang digarap oleh pemerintah dan dinas terkait saat ini bukanlah penghalang dalam memajukan wisata Aceh itu sendiri. “Wisata Islami bukan sebagai momok atau penghalang yang banyak digembor-gemborkan, melainkan menjadi tantangan sebagai nilai jual lain dari pariwisata Aceh tersendiri,” tambahnya.

Terkait infrastruktur, Rita tetap percaya di bawah kepemimpinan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah yang ada saat ini ke depan banyak hal yang bisa dilakukan, apalagi bisa mengangkat wisata bertemakan lingkungan dan pariwisata kreatif.

“Banyak hal yang perlu dilakukan agar pariwisata kita semakin maju, mengingat Kementerian Pariwisata saja yang dulunya ada kini berubah menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Artinya saya akan banyak lebih mengangkat green tourism and creative tourism di Aceh”.

Lebih lanjut, Rita juga menekankan bahwa sumber daya alam yang ada saat ini harus bisa ‘klop’ dengan sumber daya manusia yang tersedia, maka dari itu butuh pembenahan demi memajukan potensi wisata yang lebih baik kedepannya.

Dukung Rita di PPI 2012

Tidak lupa bagi Anda yang ingin mendukung wakil Aceh, Cut Rita Kemala menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2012 bisa lewat SMS dengan cara mengetik PPI(spasi)ACEH kirim ke 9981.

Voting lewat SMS ini akan ditutup 28 September mendatang yang acaranya puncaknya bertempat di Merlynn Park Hotel, Jakarta yang akan disiarkan langsung di ANTV pukul 21.00 WIB.[]

KOMENTAR