TM_Hadi_ThayebDIPLOMAT senior kelahiran Aceh dan salah satu pendiri Kementerian Luar Negeri Teuku Mohammad Hadi Thayeb meninggal dunia di RS MMC, Jakarta Selatan, pukul 08:00 WIB, Jum’at (10/1/2014).

Almarhum yang meninggal di usia 91 tahun ini, lahir di Peureulak, 14 September 1922 silam yang juga salah satu pendiri Kementerian Luar Negeri, yang sebelumnya bernama Departemen Luar Negeri RI.

Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa, atas nama Pemerintah dan seluruh jajaran Kementerian Luar Negeri, menyampaikan rasa duka cita dan bela sungkawa yang sangat mendalam.

“Indonesia telah kehilangan salah satu putera terbaik dalam bidang diplomasi dan politik luar negeri. Sosok beliau bukan saja dikenang sebagai salah satu diplomat senior yang telah memberikan kontribusi besar bagi diplomasi, namun juga salah satu tokoh pendiri Kementerian Luar Negeri,” ujarnya pagi tadi.

Sepak terjan Hadi Thayeb berawal sejak masa proklamasi kemerdekaan RI, beliau ikut bersama dengan Menteri Luar Negeri pertama, Achmad Soebardjo membentuk dan mendirikan kantor Kemenlu. Saat itu lokasi kantor bertempat di ruang garasi rumahnya yang terletak di Jalan Cikini no. 80-82.

Selama berkarier di Departemen Luar Negeri, Hadi Thayeb tercatat menjabat sebagai Duta Besar RI untuk lima negara sahabat, yaitu Italia, Polandia, Arab Saudi, Swiss, dan Inggris.

“Indonesia dan Kementerian Luar Negeri secara khusus telah kehilangan seorang diplomat pejuang yang hakiki,” sebut Marty.

Selain berkarier sebagai diplomat, almarhum juga semasa hidupnya telah berbakti kepada bangsa dan negaranya sebagai menteri di bidang perindustrian selama tiga periode Kabinet Dwikora (1964-1966).

Hadi Thayeb juga pernah menjabat sebagai Wakil Guberur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) periode 1974-1979 serta Gubernur Aceh tahun 1981-1986.

Setelah disemayamkan di Gedung Pancasila, Kemenlu siang tadi. Jenazah almarhum dimakamkan di Taman Pemakaman Karet Bivak.[]

KOMENTAR