Jakarta — Foxconn, perusahaan asal Taiwan pembuat berbagai perangkat elektronik seperti iPhone dan iPad akhirnya resmi akan dibangun di Indonesia. Menteri Prindustrian, MS Hidayat mengkonfirmasi berdirinya pabrik tersebut di dua wilayah provinsi berbeda.

“Bulan Juli tahun depan (2013) dia mau launching, jadi akhir tahun ini pabriknya berdiri,” kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat. “Dia ingin bertahap, tidak hanya di satu lokasi. Jadi saya akan membaginya di dua provinsi,” lanjutnya.

Sebelumnya Foxconn masih melakukan penelitian mengenai wilayah mana yang akan menjadi tempat pabrik tersebut. Kini, satu dari dua pabrik yang akan dibangun akan berlokasi di wilayah Jakarta.

“Sekarang ini memang di daerah Jakarta, di dekat airport. Bangun pabriknya yang pertama,” ungkap Hidayat.

Tidak diketahui jelas mengapa Foxconn memilih wilayah tersebut. Namun seperti yang diketahui, Jakarta memang menjadi pusat perkembangan dan perdagangan di Indonesia, terlebih letaknya yang dekat dengan bandara.

Negara Indonesia dipilih karena pertumbuhan ekonominya lebih baik daripada negara tetangga yang menjadi salah satu tempat pabrik BlackBerry, Malaysia. Dengan masuknya Foxconn ke Indonesia, diharapkan akan banyak menyerap tenaga kerja dan menciptakan perangkat gadget yang murah. (detik.com)

KOMENTAR