Jakarta — Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM), Yusuke Hori mengungkapkan, di tengah lesunya penjualan motor pada 2013, pihaknya kini berkonsentrasi memproduksi dan memasarkan motor sport dengan meluncurkan Honda Verza 150 cc. Motor jenis ini ditargetkan bisa meraih pangsa hingga 12.500 unit per bulan.

Target ini dinilai tidak terlalu muluk mengingat potensi pasar motor sport di kelas menengah ini masih terbuka lebar.

Hal ini juga diungkapkan, Wakil Presdir PT Astra AHM, Yohannes Loman. Bahkan menurut dia, tidak perlu berharap yang muluk-muluk dengan produk terbarunya Verza 150. “Yang pasti pertumbuhan konsumen kelas menengah ini di Indonesia sangat besar, lihat saja, mall-mall juga penuh,”ungkapnya usai peluncurkan Verza 150 cc di di JIExpo, Kemayoran, kemarin.

Johannes memaparkan, Verza ini diluncurkan sebagai jawaban atas minat konsumen kelas menengah pecinta motor sport yang nilainya hanya berkisar 4 persen dari total pasar atau sekitar 40.000 unit per tahun.Apalagi, di segmen ini, baru ada dua model yang mengisi, yakni Suzuki Thunder dan Bajaj Pulsar 135.

“Untuk itu kami pelan-pelan dulu, tapi yakin pasar akan berkembang setelah kami masuk tahun ini.”

Dengan begitu, dia yakin, total pasar sport entry level diprediksi akan terdongkrak hingga 25 persen tahun ini dengan kehadiran Verza.

Loman membenarkan dengan Verza yang dibandrol Rp16,9 juta bakal menoreh pilihan kobsumen dari model yang sudah ada dan berpaling dari New MegaPro dan Supra X125 PGM-FI Helm In. “Bisa jadi, karena kompetisi akan semakin ketat antara model yang sudah ada di pasar, tetapi kami yakin segmen ini akan tumbuh.”

Sepanjang periode 2000-2008, pasar segmen sport entry level pernah menyentuh pangsa hingga 36 persen dengan volume penjualan 9.000 unit per bulan. Namun mulai 2009, mulai bergeser ketika motor sport di lepas ke pasar.

Loman berharap, dengan adanya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) juga akan mampu mendongkrak penjualan AHM ke depan. Apalagi sejak 2010 telah dilincurkan beberapa model baru.

Bahkan dari 16 model baru yang ada, akan muncul sekitar 7 model baru lagi di masa mendatang. (harianterbit.com)

KOMENTAR