Jakarta — Kedutaan Besar India di Indonesia menyelenggarakan acara ‘Culinary Connections India-Indonesia’ pada Kamis (28/3). Bertempat di Four Seasons Hotel Jakarta, acara ini menghadirkan pakar kuliner dari kedua negara, yakni Nina Taneja dari India dan William Wongso dari Indonesia.

Culinary Connections India-Indonesia merupakan acara yang digelar untuk mempererat diplomasi kuliner antara kedua negara. Di acara ini, chef dari kedua negara menampilkan kesamaan sekaligus keunikan kuliner masing-masing negara melalui demo masak.

Nina dan William sama-sama menyajikan bahan udang, nasi, ikan, dan buah, namun dengan gayanya masing-masing. Untuk udang, misalnya, Nina memasak Prawn in Almond & Saffron Sauce, sementara William membuat Udang Santan Bumbu Kuning.

“Tekstur udang yang bagus setelah dimasak adalah membal. Untuk saus asam manisnya, sebaiknya mulai dengan memasukkan gula terlebih dahulu, bahan asam, baru garam,” jelas William.

Untuk masakan berbahan nasi, Nina membuat Yakhni Pulao. Hidangan ini terbuat dari beras basmati dan kaldu daging, lalu diberi hiasan vark (lembaran perak) di atasnya. Sebagai tandingannya, William membuat Nasi Kebuli Kambing dengan Pacri (semacam acar) Nanas.

Executive Chef Four Seasons Hotel Jakarta Sumanth Das kemudian turun tangan dalam pembuatan Meen Moilee, hidangan ikan khas India. Ikan Kalio Panggang Padangpun dihadirkan oleh William sebagai hidangan ikan khas Indonesia. Sebagai pencuci mulut, Fruta Sasa dari India dan Asinan Saus Kacang dari tanah air diolah masing-masing oleh Nina dan William.

Ternyata, acara ini tak berakhir sampai di situ. William mempraktikkan satu lagi resep, yakni ampyang (beras ketan dan beras merah yang dipipihkan) yang dicampur dengan kelapa parut, yogurt, dan saus gula merah. Para undanganpun berkesempatan mencicipi setiap hidangan yang dimasak Nina dan William.

Menurut William, Indonesia harus sering melakukan acara semacam ini. “Culinary heritage di India dan Indonesia sama maraknya. Sejarahnya itu panjang. Jadi pasti ada hubungan saling memengaruhi dalam perjalanan sekian ratus tahun,” tuturnya saat diwawancarai Detikfood.

Culinary Connections India-Indonesia ini dihadiri Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh serta Miss India-Indonesia 2013 Shreenjit Kaur. (dtc)

KOMENTAR