Jakarta — PT Hyundai Mobil Indonesia akan meluncurkan tiga produk baru untuk segmen mobil SUV dan hatchback pada tahun ini guna mencapai target pertumbuhan penjualan 20%.

Mukiat Sutikno, Wakil Presiden PT Hyundai Mobil Indonesia, menjelaskan mobil model sport utility vehicle (SUV) dan hatchback sangat popular di pasar otomotif nasional dalam beberapa tahun terakhir.

Hal tersebut yang melandasi Hyundai untuk mengeluarkan produk baru di dua segmen tersebut guna meningkatkan penetrasi di pasar mobil nasional.

“Rencananya 2013 ini kami akan mengeluarkan dua sampai tiga varian baru, yakni dua model SUV dan satu hatchback. Semuanya CBU,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (3/2).

Sayangnya, Mukiat belum mau membocorkan lebih detil mengenai harga dan waktu peluncuran dari ketiga varian baru Hyundai tersebut.

Menurutnya, pasar otomotif nasional masih sangat prospektif pada tahun ini jika dibandingkan dengan negara lain di dunia.

“Kebijakan penaikan uang muka pembiayaan syariah memang berpengaruh terhadap penjualan mobil, tetapi untuk Hyundai sendiri tidak terlalu karena konsumen kami yang bergantung terhadap uang muka pembiayaan di bawah 30% tidak banyak,” jelasnya.

Karenaya, Mukiat optimistis penjualan Hyundai akan tumbuh lumayan pada tahun ini. Sebelumnya, dia memperkirakan pertumbuhan penjualan Hyundai pada 2013 akan mencapai kisaran 20%.

“Untuk 2013 kami tetap yakin akan tumbuh, meski konservatif, mungkin di kisaran 20%,” kata Mukiat.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat total penjualan mobil di Tanah Air pada 2012 menembus 1,1 juta unit.

Hyundai sendiri mencatatkan penjualan di Indonesia sebanyak 5.900 unit pada tahun lalu atau tumbuh sekitar 23%24% dibandingkan pencapaian 2011. Angka penjualan 2012 tersebut belum memperhitungkan mobil yang diekspor sekitar 1.100 unit.

Untuk menjaga momentum pertumbuhan, kata Mukiat, perlu kebijakan pemerintah yang mendukung industri otomotif nasional. Terutama menyangkut pembangunan infrastruktur jalan di dalam negeri. (bisnis.com)

KOMENTAR