Tahukah Anda bahwa menyusi bisa menjadi alat kontrasepsi alami? Jadi tak perlu repot-repot Anda menggunakan alat kontrasepsi untuk merencanakan keluarga (KB) Anda.

Duta ASI Nasional Ani Yudhoyono pada acara Pekan ASI Sedunia 2010 mengatakan, manfaat Air Susu Ibu (ASI) bukan hanya mengandung antibodi bayi, tapi juga bisa mengatur jarak kehamilan.

“Dengan memberikan ASI pada bayi berarti juga si ibu ikut program KB,” kata dia di Silang Monas, Jakarta, Minggu 8 Agustus 2010.

Dia mengatakan, selain bisa menunda kehamilan, menyusui juga membantu rahim kembali ke ukuran semula. Mengurangi pendarahan dan mencegah terjadinya anemia, mencegah terjadinya risiko kanker payudara dan indung telur (ovarium), serta membantu menurunkan berat badan ibu.

“Yang terpenting, menyusui bayi dengan ASI lebih ekonomis, praktis, higienis, dan hemat waktu,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ibu Negara juga meminta agar setiap keluarga selalu merencanakan setiap kelahiran dengan mengatur jarak kelahiran. Sebab, selain bisa mengakibatkan kepadatan penduduk, banyak anak juga bisa mempengaruhi kasih sayang ibu terhadap anaknya.

“Lebih baik wujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dan berkualitas ketimbang memikirkan kuantitas,” katanya.(*/inc)

KOMENTAR