Bireuen, Seputar Aceh– Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Thantawi Ishak mengatakan setiap daerah kabupaten/kota di Aceh harus memiliki cabang olahraga (cabor) unggulan yang mampu berprestasi.

Demikian antara lain disampaikan Thantawi pada pembukaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Perbasi U-18 yang digelar di lapangan basket SMA Negeri 2 Bireuen, Selasa (17/11). Kejurda itu diikuti tujuh pengcab kabupaten/kota, digelar 17-22 November 2009.

“Jika setiap daerah dapat memiliki cabang olahraga unggulan maka dapat dilakukan pembinaan yang lebih baik untuk mewakili Aceh pada ajang regional maupun nasional sehingga prestasi olah raga Aceh meningkat, harus ada cabor prioritas di suatu daerah,” kata Thantawi.

Sejauh ini, kata Thantawi, prestasi olahraga Aceh di tingkat nasional seperti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Kalimantan Timur semakin melorot dari segi perolehan medali. Untuk itu dibutuhkan pembinaan yang lebih baik guna meningkatkan prestasi di semua cabang olahraga (cabor).

Thantawi mengatakan kejurda basket yang digelar sebagai ajang persiapan sejumlah pengcab perbasi menuju pekan olahraga provinsi (porprov) XI tahun 2010 yang akan digelar di Kabupaten Bireuen.

“Selain itu sebagai evaluasi sejauh mana pembinaan yang dilakukan Pengcab Perbasi kabupaten/kota untuk meningkatkan prestasi cabang olahraga basket,” katanya.

Panitia pelaksana Kejurda Bola Basket U-18 se-Aceh di Bireuen melaporkan kejurda basket U-18 digelar di lapangan basket SMA Negeri 2 Bireuen 17-22 November 2009 diikuti tujuh tim masing-masing Kota Banda Aceh, Kabupaten Bireuen, Aceh Barat, Bener Meriah, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe dan  Kota Langsa. [sa-mhs]

KOMENTAR