Banda Aceh – Saman UI (Silaturrahmi Mahasiswa Nanggröe Aceh Darussalam Universitas Indonesia) yang merupakan paguyuban mahasiswa Aceh di UI kembali mengadakan kegiatan SSG (Saman UI Saweu Gampöng) pada tanggal 16-28 Januari 2012 di berbagai kota dan kabupaten di Aceh.

Paguyuban yang sudah berdiri sejak 8 tahun lalu ini telah menjadi agenda rutin setiap tahun untuk pulang kampung halaman, sebagai bentuk oleh-oleh dari kampus UI, mahasiswa asal Aceh dari UI ini menyelenggarakan berbagai rangkaian acara seperti Try Out (TO) Akbar, road show ke sekolah-sekolah, lomba debat bahasa inggris dan lomba fotografi serta seminar motivasi.

“Acara-acara tersebut diadakan guna menambah wawasan, mengasah kreativitas dan semangat berkompetisi para pelajar SMA/MA di Aceh, juga mempersiapakan mereka untuk menuju jenjang universitas serta memberikan informasi mengenai dunia perkuliahan khususnya di UI,” seperti dikutip dari news release yang kami terima beberapa hari lalu.

Untuk TO Akbar misalnya, panitia juga menyebutkan acara dilaksanakan pada tanggal 22 Januari di kampus Politeknik Banda Aceh. Bagi peserta juga bisa melakukan pembelian tiket langsung di toko Rumah Buku, Jambo Tape dengan harga Rp20.000. Namun, karena acara ini ditujukan untuk seluruh pelajar Aceh, panitia menyediakan tiket TO online di laman Saman UI, www.ssg12.samanui.com dimana para pelajar tidak perlu datang untuk membeli tiket ke Banda Aceh, tetapi hanya datang ketika pelaksanaan TO.

Selain itu, lomba debat bahasa inggris tingkat SMA se-Banda Aceh dan Aceh Besar yang dilaksanakan pada tanggal 24-26 Januari juga diadakan di kampus Politeknik Banda Aceh.

Sedangkan untuk seminar motivasi akan berlangsung di Aula Balai Kota Banda Aceh pada hari Sabtu (28 Januari) dengan pembicara Hijrah Saputra, Duta Wisata Agam-Inong Provinsi NAD 2008 dan Ina Fauziana Syah, Dosen Universitas Muhammadiyah Aceh yang juga seorang Aktivis Muslim Aid Indonesia. Seminar tersebut tidak hanya ditujukan untuk pelajar sekolah menengah namun juga mahasiswa.

Billy Dentiala Irvan, mahasiswa Teknik Sipil UI selaku Project Officer SSG 2012 juga menyebutkan sejak 16 Januari-04 Febuari mereka akan mengunjungi sekolah-sekolah tingkat SMA di berbagai kota dan kabupaten di Aceh seperti di kota Banda Aceh, Sigli, Bireuen, Lhokseumawe, Takengon, dan Langsa.

“Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai dunia perkuliahan khususnya di UI dimana para pelajar dapat bertanya atau berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa-mahasiswi UI,” ujar Billy dalam realeasenya.[]

KOMENTAR