Jakarta – Polri menemukan identitas seorang pemimpin aksi terorisme, di Aceh. Saptono alias Pak Tuo asal Bandung, Jawa Barat, diduga sebagai salah satu pimpinan aksi terorisme di negeri ini.

“Dia mempunyai potensi sangat tinggi untuk memimpin aksi,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Edward Aritonang, dalam keterangan pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/3/2010).

Saptono diduga telah melakukan pelatihan militer di Gunung Bun, Jali Jantho, Kabupaten Aceh Besar, terhadap kelompok teroris di wilayah tersebut. Saat penangkapan teroris di Aceh, kata Edward, Saptono tidak sedang berada di hutan tempat latihan militer teroris, sehingga berhasil meloloskan diri dari penangkapan Densus 88.

Sementara pimpinan teroris Aceh lain yang juga menjadi target incaran penangkapan adalah Yusuf alias Mustaqim. Ia diduga tengah dalam kondisi terluka secara fisik.

“Terluka tangannya akibat tertembak saat kontak senjata dengan anggota Polri, Rabu (4/3/2010) lalu,” jelas Edward.

Ditambahkan Edward, kekuatan pertahanan kelompok Mustaqim saat ini dalam kondisi prima. Didukung dengan proteksi senjata api dan amunisi yang cukup untuk mengamankan pelarian di dalam kota Banda Aceh.(*/inilah)

KOMENTAR