Jakarta — Barang bajakan memang menimbulkan banyak resiko, termasuk salah satunya memudahkan datangnya virus ke program komputer. Microsoft tak berani menjamin sistem operasi Windows 8 terbarunya akan bebas dari virus dan malware jika diinstal dari program bajakan.

“Windows 8 atau Windows 10 pun kalau bajakan pasti ada malware,” kata Tony Seno Hartono, National Technology Officer Microsoft Indonesia di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (27/2). “Kalau dari yang resmi, Windows 8 memiliki proteksi malware dari mulai proses booting.”

Dari hasil presentasi hasil studinya yang mengambil sampel 282 komputer dari berbagai merek beserta DVD bajakan yang berisikan berbagai program dan software komputer termasuk, OS Windows 8, menunjukkan hasil yang beragam. Dari situ diketahui bahwa Filipina menjadi negara yang paling ‘aman’ dalam hal tingkat infeksi malware di komputer.

Microsoft juga membeberkan bahwa pihaknya menemukan tingkat infeksi malware sebesar 100 persen dari sampel DVD bajakan di Indonesia, sedangkan untuk sampel HDD (Hard Disk Drive)-nya mencapai 59,09 persen. (wowkeren.com)

KOMENTAR