Banda Aceh — Ribuan warga Kota Banda Aceh melaksanakan shalat Istisqa’ dan bermohon agar Allah SWT menurunkan hujan untuk menyejukkan bumi. Shalat Istisqa’ dilaksanakan di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, Sabtu (11/08) pagi tadi.

Ribuan warga Banda Aceh sudah berkumpul di Lapangan Blang Padang Banda Aceh untuk melaksanakan shalat Istisqa’ sejak pagi. Mereka larut dalam doa dan bermohon agar permintaan mereka dikabulkan.

Salat dipimpin oleh Imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Tengku Zamhuri. Sementara itu pimpinan Pesantren Hafidz Cot Goh Aceh Besar Tengku Rafiq bertindak sebagai khatib.

Dalam khutbahnya, khatib mengajak seluruh umat muslim untuk introspeksi diri dan memperbaiki hubungan dengan sang Khalik (Tuhan) dan hubungan dengan sesama manusia, agar doa yang dipanjatkan bisa dikabulkan olah Allah SWT.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Gahazali Moh Syam mengatakan, kemarau ekstrim yang melanda Aceh dalam beberapa bulan terakhir telah meresahkan warga.

“Ada banyak sumber air yang sudah mengering, bahkan sumur warga pun ada yang mulai kering. Untuk itu makanya kami mengimbau agar warga bisa melaksana shalat Istisqa’, apalagi saat ini masih dalam suasana Ramadan. Ini juga menjadi ajang refleksi dan introspeksi diri,” ujar Ghazali.

Akibat kemarau panjang dan ekstrim yang melanda Aceh, banyak padi yang gagal panen karena mengalami kekeringan akibat ketiadaan sumber air.

BMKG Aceh melalui situs resminya menyatakan bahwa suhu di Banda Aceh untuk hari ini berkisar antara 22-34 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar antara 50-93 persen dan kecepatan angin 28 km/jam ke arah selatan. (kompas.com)

KOMENTAR