Bireuen, Seputar Aceh – Ridwan Muhammad, wakil rakyat dari Partai Aceh (PA) ditetapkan menjadi ketua definitif Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen dalam Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan DPRK Bireuen periode 2009-2014 yang digelar Sabtu (14/11), di DPRK setempat.

Sebelumnya Ridwan Muhammad menjabat sebagai ketua sementara. Selain posisi Ketua DPRK Bireuen juga ditetapkan dua Wakil Ketua masing-masing Wakil Ketua I Aminullah Amin dari Partai Demokrat (PD). Sebelumnya wakil ketua sementara serta wakil ketua II Husaini dari PA.

Ridwan Muhammad yang ditemui usai rapat mengatakan, nama-nama pimpinan DPRK Bireuen yang ditetapkan dalam rapat paripurna itu akan diusulkan ke provinsi.

“Posisi Wakil Ketua II dari Partai Aceh itu sesuai dengan kesepakatan rapat di mana salah satu wakil ketua dari partai yang memperoleh kursi terbanyak,” kata Ridwan.

Terkait dengan jumlah fraksi yang ada di DPRK Bireuen, Ridwan menyebutkan dua fraksi yakni Fraksi PA dengan calon ketua fraksi Abdul Gani Isa, dan Fraksi Demokrat Amanat (gabungan PD dan PAN) dengan calon ketua fraksi Hendra Setiawan dari PD.

Menyangkut dengan komisi disebutkan, ada lima komisi, semua calon ketua komisi dari PA.

PA pada pemilu legislatif lalu memperoleh 25 kursi dari 35 kursi DPRK Bireuen. Sisanya diraih PD empat kursi, PAN dua kursi, PPP dua kursi, PKS satu kursi dan PBA satu kursi. [sa-mhs]

KOMENTAR