Banda Aceh — Sebuah event wisata bahari akan digelar Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Kota Sabang, dan Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia.

Sabang Internasional Regatta untuk kedua kalinya akan digelar pada 12 sampai 24 September 2012. Rutenya pelayarannya dimulai dari Phuket (Thailand) ke Langkawi (Malaysia) yang menjadi titik awal hingga finishnya di Sabang, Aceh.

Sabang International Regatta 2012 merupakan program promosi pariwisata yang akan dimeriahkan peserta dari berbagai negara, yaitu Thailand, Malaysia, Australia, Inggris, Jerman, Singapura, Hong Kong, serta peserta dari berbagai provinsi lainnya di Indonesia. Peserta Sabang Internasional Regatta diperkirakan sekitar 50 yacht (kapal layar).

Pelayaran berskala internasional ini menggunakan kapal layar (yacht) dan kapal layar bermesin (motor yacht rally). Pelayaran dimulai dari Phuket (Thailand) ke Langkawi (Malaysia) sejauh 243 kilometer selama satu hari. Berikutnya akan dilanjutkan dari Langkawi ke Sabang dengan jarak sekitar 558 kilometer selama 2 setengah hari.

Dikutip dari Indonesia Travel, event Sabang International Regatta bertujuan untuk menempatkan Aceh dalam peta destinasi pariwisata dunia melalui melalui olah raga layar berskala internasional.Sabang International Regatta 2012 diharapkan dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke Sabang.

Selain itu juga merupakan momen tepat untuk mempromosikan keindahan Sabang dan mengembalikan citra Sabang sebagai destinasi wisata yang aman dan nyaman. Media luar negeri akan dikenalkan dengan Pulau Weh, kota Sabang, dan potensi destinasi wisata bahari lainnya. Termasuk juga keberadaan Kilometer Nol NKRI.

Secara khusus event ini juga akan menjadikan Sabang sebagai pusat wisata bahari di Indonesia bagian barat dan mendorong investasi di Sabang dan Aceh. Acara ini juga diupayakan untuk menjadi salah satu kalender tetap event internasional.

Kota Sabang yang terletak di Pulau Weh merupakan kota pelabuhan di ujung paling utara dan barat Indonesia. Pulau ini memiliki potensi wisata bahari dengan daya tarik alam serta kekayaan kehidupan bawah lautnya yang luar biasa indah.[]

KOMENTAR