Sabang – Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) menunjuk Sabang sebagai salah satu dari 15 kabupaten/kota di Indonesia sebagai daerah percontohan penanggulangan kemiskinan.

Hal itu dikatakan Tim Ahli Penanggulangan Kemiskinan Menkosra, Fakhrul Syahmidan saat menyosialisasikan dana amanah untuk penanggulangan kemiskinan melalui Lembaga Pengemban Dana Amanah (LPDA) di Gedung Bappeda Sabang, Rabu (26/5/2010).

“Program ini untuk mendukung pendanaan berkelanjutan yang bersumber dari kekuatan internal,” ujar Fakhrul Syahmidan.

Keterpilihan Sabang sebagai salah satu dari 15 kabupaten/kota percontohan setelah melalui berbagai pertimbangan. Menurut Fachrul, jika program ini nantinya berhasil diterapkan di Kota Sabang, nantinya akan ada program lanjutan untuk penanggulangan kemiskinan.

Untuk itu, pihaknya segera membentuk LPDA yang bertugas untuk memantau angka kemiskinan dengan melalui program-program yang memberikan dampak terhadap pergerakan angka kemiskinan di Kota Sabang yang mencapai 25 %.

Dengan telah terbentuknya  LPDA ini, lanjut Fachrul, nantinya akan ada program dana amanah untuk penanggulangan kemiskinan yang diperuntukan untuk fokus dibidang dasar, seperti perlindungan sosial dasar, pengembangan kapasitas SDM dan pengembangan usaha ekonomi produktif.

“Berbentuk dana bergulir dan tidak boleh melibatkan anak-anak di bawah umur 18 tahun,” ujarnya pada kegiatan yang dihadiri Asisten II Syafruddin, instansi terkait, tokoh masyarakat dan LSM.

Menyangkut dengan sumber dana, Fahkrul mengatakan dana ini bersumber dari berbagai tempat, seperti dari dana hibah masyarakat, perseorangan dan kelompok masyarakat.

Selain itu, juga didukung dari dana hibah dari pemerintah pusat melalui program PK PNPM Mandiri, APBD Propinsi/Kabupaten/Kota yakni melalui program PK BPKG.

“Juga dari dana hibah donatur dari dalam negeri, dunia usaha, luar negeri, lembaga keuangan donor,” tambah Fahkrul.

Dia mengharapkan keterpilihnya Kota Sabang sebagai daerah percontohan penanggulangan kemiskinan dapat dicontoh oleh daerah lainnya.(*/ha/crz)

KOMENTAR