Jakarta — Pendiri perusahaan Apple, Steve Wozniak yang beberapa waktu lalu sempat berbicara dalam sebuah acara forum di Jakarta mengatakan dalam sebuah acara monolog dipandu oleh Mike Daisey bahwa komputasi awan (cloud computing) dalam beberapa tahun lagi akan menjadi hal yang “mengerikan”.

Tampaknya Woz, demikian nama panggilan dari Steve Wozniak tidak malu dengan mengatakan bahwa dia sangat kuatir akan masa depan komputasi awan ini dengan mengatakan secara spesifik bahwa akan menjadi masalah yang mengerikan dalam 5 tahun ke depan.

Dengan banyaknya perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak kelas atas mengerjakan layanan “berbasis awan” sekarang, Woz menyatakan bahwa dia tidak sepenuhnya senang dengan gagasan bagaimana kepemilikan telah berubah saat ini.

“Dengan menggunakan awan, Anda pada dasarnya tidak lagi memiliki sesuatu. Anda telah melepaskan (milik Anda) pergi. Saya sendiri ingin terus merasakan bahwa saya memiliki sesuatu,” jelasnya.

Woz juga menambahkan, banyak orang saat ini punya perasaan bahwa, semua yang dimilikinya berada benar di perangkat keras/komputernya. Namun, ketika mereka melakukan transfer segala sesuatu layanan di web atau awan, semakin sedikit kita akan memiliki kontrol atasnya.

“Saya benar-benar khawatir tentang segala sesuatu yang terjadi di awan,“ ungkap salah satu seleb Apple ini.

Gerakan penggunaan “awan” saat ini, bagi Anda yang kurang mengerti sebenarnya tidak lagi menggunakan hard disk di komputer Anda dalam menyimpan dan mengakses data, semua data disimpan disuatu server remote, yang bisa Anda akses dari tempat dimanapun dan dengan komputer apapun tapi tentunya Anda membutuhkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya.

Jadi, sudah siap untuk hijrah ke penyimpanan data “awan”?[]

KOMENTAR