Banda Aceh – Kapolda Aceh Irjen Pol Adityawarman, menyebutkan, tidak mudah bertugas di Aceh apalagi di situasi yang mulai terang, jika dulu orang mungkin bertugas di sini pada saat konflik lebih enak karena cukup prinsipnable banyak alasan, ada ini ada itu dalam penegakan hukum.

“Tapi kalau sekarang sudah terang, banyak orang tidak mau menerima alasan penegakan hkum terhadap berbagai kejadian di Aceh, oleh karena jawabannya adalah kerja keras dan sungguh-sungguh para aparat kepolisian,” kata Kapolda Aceh, Jumat pekan lalu.

Ia mengatakan, apalagi dengan keterbukaan informasi sekarang sumber-sumber informasi dari berbagai lini dan apa yang terjadi di tempat lain lebih dulu diungkap daripada langkah-langkah yang diambil pihak kepolisian.

“Polisi dalam bertugas pasti mendapat tekanan yang tinggi, sebab apa yang diterima media dan apa yang diterima pimpinan hampir sama waktunya, padahal informasi yang diterima belum tentu tindakan sudah diambil, sehingga itu beban kerja yang luar biasa,” katanya.

Dengan situasi Aceh sekarang ini yang sedang membangun reintegrasi, di mana masyarakat lagi membentuk suatu solidaritas, suatu kebersamaan dalam berpikir. “Jadi aparat yang bertugas di Aceh apakah itu di Kodam, di kejaksaan, di kepolisian dan di pemerintahan cukup berat dengan situasi seperti ini,” katanya.

Apalagi Aceh baru keluar dari pascakonflik dan tsunami di mana masih banyak masyarakat Aceh hidup di bawah rata-rata, pertumbuhan ekonomi juga tidak seberapa walaupun ada pertumbuhan ekonomi Aceh sebesar 3,8 persen.

“Hal itu tidak cukup signifikan untuk mendorong kesejahteraan. Jadi itu juga menjadi beban implikasi terhadap pelaksanaan tugas aparat kepolisian di Aceh,” sebutnya.

Ketika ditanya mengenai citra yang dibangun Polda Aceh dalam penegakan hukum, Kapolda Aceh, mengatakan, dirinya tidak membawa citra, tetapi membangun trush dalam meningkatkan kepercayaan.

“Jika kita berbicara citra itu kan seperti kita ini selebriti karena selebriti yang memperoleh piala citra. Kalau polisi bukan citra. Kalau saya lebih suka menyebutkan trush atau kepercayaan. Dan dengan kepercayaan itu terutama dengan mengenal orang dari hari ke hari dapat meningkat kepercayaan pada kita terbangun,” katanya.(*/ha/cqi)

KOMENTAR