BENCANA gempa yang terjadi pada 30 September 2009 ternyata membuat para peretas dunia maya menyempatkan diri untuk mencari korban. Jika gempa di Padang sudah merenggut harta dan jiwa, kini sebuah perangkat perusak (malware) juga ikut mencari korban di dunia maya.

Menurut laporan dari Symantec, seperti dikutip WebProNews, perangkat perusak yang diciptakan ini sangat berbahaya dan khusus dirancang untuk mencari uang. Para pengembang perangkat tersebut banyak memanfaatkan kata kunci seperti “Samoa Barat”, “Gempa”, “Tsunami” dan lainnya, sehingga situs mereka sangat mudah ditemukan dari search engine.

Dengan kelihayan tersebut, pengguna yang terkecoh akan akan mengklik situs tersebut dan mereka akan ditawarkan scan antivirus palsu untuk membersihkan komputer mereka. Jadi, jika kurang hati-hati, tentu kita akan menerima tawaran mesin perusak tersebut.

Sebenarnya ada langkah-langkah aman bagi peselancar dunia maya untuk mencari informasi yang berhubungan dengan topik-topik yang sedang terjadi saat ini, yakni dengan memanfaatkan fasilitas seperti Google Hot Trends, Yahoo pencarian populer, Twitter tren topik dan masih banyak lainnya.

Buat para peselancar dunia maya, kini anda sudah bisa lebih berhati-hati dan lihatlah dengan teliti link yang akan anda klik.[aulia]

KOMENTAR