Bireuen – Universitas Almuslim Bireuen akan memulai melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur khusus (tanpa testing) pada tahun 2010. Salah satu jalur khusus yang dikembangkan adalah penelusuran siswa berprestasi di tingkat SMU/ sederajat.

Rektor Unimus, Drs Amiruddin Idris SE MSi, melalui Kepala Bagian Humas dan Kemahasiswaan Zulkifli Skom, Kamis (15/4/2010) mengatakan, sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur khusus dilakukan karena rata-rata nilai peserta hasil seleksi masih rendah.

“Meskipun daya saing masuk semakin tinggi, rata-rata peluang memasuki beberapa program studi di Universitas Almuslim adalah 5:1 atau dari lima pendaftar hanya satu yang diterima,” kata Zulkifli.

Zulkifli mengatakan, yang diterima melalui jalur khusus sebanyak 20 persen dari total 2.640 kuota mahasiswa baru tahun 2010 untuk semua fakultas. “Kedepan, jalur khusus ini akan terus diterapkan sampai adanya aturan baru terkait hal itu,”  imbuhnya.

“Nantinya, undangan untuk semua SMU/ sederajat akan dikirimkan via pos dengan dokumen dan tanggal yang sama. Informasi tentang kelanjutan undangan sudah dijelaskan dalam dokumen undangan,” lanjut Zulkifli.(*/ha/del)

KOMENTAR