Abu Panton (flickr.com)
Abu Panton (flickr.com)

MASYARAKAT Aceh kembali berduka, salah seorang ulama kharismatik Aceh Utara yang juga pimpinan Dayah Malikussaleh Tgk H Ibrahim Bardan atau yang dikenal Abu Panton (70) telah pulang kerahmatullah di Rumah Sakit Herna Medan, Senin (29/4) sekira pukul 18.30 WIB sore tadi.

Kabar duka kepulangan Ketua Umum Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) ini disampaikan oleh Sekjen HUDA, Tgk H Faisal Ali, seperti yang dikutip dari serambinews.com.

Sementara itu di jejaring sosial, Twitter dan Facebook berita meninggal dunia Abu Panton juga beredar. “Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Aceh kembali berduka. Ulama Kharismatik Aceh Abu Ibrahim Bardan (Abu Panton) telah pulang kerahmatullah,” tulis di akun @iloveaceh.

Hal serupa juga terlihat di Facebook Abu Mudi, Pimpinan Pesantren MUDI Mesra Samalanga. 

“Abu panton KA newo bak allah,” tulisnya beberapa waktu lalu.

Abu Panton meninggal dunia setelah sempat beberapa kali menjalani operasi untuk mengangkat cairan darah beku dari radang otaknya, di Hospital (rumahsakit) Loh Guan Lye, Penang Malaysia, akhir 2012 lalu. Selama dalam perawatan, Pemimpin Dayah Malikussaleh Pantonlabu, ditangani oleh Dr Kazem asal negara Iran.

Awal bulan lalu, kondisi kesehatan Abu Panton mulai membaik dan dibolehkan pulang ke Aceh. Namun demikian, Abu Panton masih harus menjalani perawatan lanjutan di Rumah Sakit Umum Herna, Medan Sumatra Utara.

Rencananya Abu Panton akan dikebumikan besok, Selasa (30/4) di Dayah Malikussaleh, Aceh Utara yang malam ini akan dibawa pulang dari Medan ke Panton Labu.[]

KOMENTAR