Banda Aceh, Seputar Aceh – Tim dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh akan memverifikasi sejumlah data masyarakat miskin dari sembilan kecamatan yang diusulkan kembali September lalu.

Dalam data yang diusulkan 90 Kepala Desa dalam Kota Banda Aceh terdapat 1.700 jiwa penduduk miskin. Sebelumnya, angka rumah tangga miskin baru mencapai 1.592.

Verifikasi tersebut dilakukan untuk mendapatkan data konkret masyarakat miskin, sehingga penyaluran bantuan dari pemerintah akan tepat sasaran.

“Verifikasi ulang ini membuktikan apakah data yang diusulkan sudah memenuhi kriteria atau belum,” kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, Purnama Karya.

Dalam menentukan kategori penduduk miskin, katanya, harus sesuai dengan 14 kriteria yang telah ditetapkan, di antaranya pendapatan rumah tangga per bulan, luas lahan tempat tinggal, pekerjaan utama kepala keluarga, sumber air minum, frekwensi makanan daging sapi atau ayam dalam seminggu.

Selain itu, dinilai juga kemampuan membeli pakaian baru dalam enam bulan, kemampuan berobat, memiliki tabungan dalam bentuk uang atau barang, jenis lantai bangunan, jenis bangunan, sumber penerangan utama, kondisi kesehatan balita, pendidikan kepala keluagaserta kemampuan memberikan pendidikan kepada anak.

“Setelah verifikasi ulang dilakukan dan ternyata data yang diusulkan sesuai dengan 14 kriteria itu, maka jumlah masyarakat miskin di Banda Aceh akan kami tambah,”ujarnya. [sa-kha]

KOMENTAR