Tepatnya Rabu (11/04) kemarin, Google baru saja mengumumkan tampilan baru jejaring sosialnya, Google+. User interface atau antar muka Google+ yang baru ini diklaim lebih menawarkan kepada fungsionalisasi, fleksibilitas dan kesederhanaan.  

“We think you’ll find it easier to use and nicer to look at, but most importantly, it accelerates our efforts to create a simpler, more beautiful Google ,” papar  Vic Gundotra, Senior Vice President Google dalam blog resmi Google.

Apa saja yang baru dari design ulang tampilan google+ ini, berikut penjelasannya:

Navigasi. Letak navigasi yang semula diletakkan di sebelah atas kini telah ditempatkan di sebelah kiri secara vertikal atau menurun kebawa Google menggunakan design navigasi yang mereka sebut Navigation Ribbon dalam navigasinya

Pengguna dapat menukar navigasi satu dengan yang lainnya atau drag and drop. Untuk navigasi sendiri akan dijumpai home, profile, explore, hangouts dan hangouts secara default. Setiap ikon navigasi dilengkapi fasilitas hover yang akan memunculkan keterangan tambahan.

Percakapan. Google+ dengan tampilan baru ini, mudah untuk berbagi dengan lingkaran Anda dari mana saja. Disisi percakapan Google+ menjanjikan kemudahan untuk bergabung dalam sebuah diskusi. Pengguna juga dijanjikan kemudahan dalam urusan bergabung dengan group yang ada di Google+

Foto & Video. Adanya update terbaru untuk masalah upload foto,dimana pengguna bisa mengupload foto maupun video mereka dengan secara penuh dan mudah. Foto yang diupload akan terlihat lebih baik dan besar. Untuk di dalam album foto sendiri juga dibekali dengan kemampuan fitur geotaging.

Hangouts. Diperbaharuinya daftar undangan dari pengguna lain dalam circle pengguna, memberikan update cepat untuk akses ke publik, pengguna juga bisa menonton video streaming untuk fitur hangout ini.

Streamline/Timeline. Google+ turut memperhatikan perubahan untuk masalah streamline/timeline nya ini. Update ini tak ubahnya seperti yang bisa dijumpai di situs pertemanan Facebook.

Chat List. Untuk chat sendiri Google+ mengubah tata letaknya menjadi di navigasi sebelah kanan. Chat ini juga menampilkan daftar teman yang sedang online maupun offline. Untuk melihat list siapa saja yang sedang berada di list bisa dilakukan dengan menscroll ke atas maupun kebawah. Meskipun berbeda namun sepertinya tata letak dan susunan chat yang ada di Google+ ini mengingatkan akan chat di Facebook.

Cover Foto & Profile. Dimungkinkan pengguna untuk menambahkan cover foto dalam profil mereka, layaknya di Facebook. Dengan update ini pengguna bisa membuat profile mereka dan menambahkan foto secara lebih besar.

Google+ memberikan kemudahan dalam mengikuti tren pembicaraan hal ini diperlihatkan dengan fitur Trending topic yang ada di Google+.

Design ulang tampilan Google+ ini sepertinya akan terus dilakukan untuk kedepannya. Google+ berusaha untuk terus mendekat kepada penggunanya dengan memberikan update antarmuka yang lebih mudah dipahami oleh penggunanya. (Harian TI)

KOMENTAR