Banda Aceh – Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry meliburkan kuliah bagi mahasiswanya selama bulan Ramadhan.

“Kebijakan ini untuk mendukung ibadah mahasiswa bersama masyarakat di daerahnya,” kata Rektor IAIN Ar-Raniry Farid Wajdi kepada sejumlah wartawan, Rabu (4/8/2010).

Meski kuliah libur, namun aktivitas di kantor akademik tetap dijalankan sebagaimana ketentuan pemerintah. Begitu juga kepada para mahasiswa semester terakhir yang tetap diwajibkan mengikuti bakti sosial, safari ramadhan, serta Praktek Kerja Mahasiswa (KPM). Menurut rektor, para mahasiswa ini nantinya ditempatkan ke berbagai daerah dan kabupaten di Aceh guna mendampingi masyarakat selama Ramadhan.

“Kita menilai kegiatan ini lebih penting dari proses perkuliahan. Para mahasiswa ini ditempatkan bersama masyarakat sebulan penuh guna melaksanakan kegiatan keagamaan,” ungkap Farid.

Sejumlah daerah yang akan menjadi lokasi pengabdian mahasiswa ini, kata Farid adalah Meulaboh dan kabupaten perbatasan. Di sana, para mahasiswa diharapkan memberikan siraman rohani kepada masyarakat, serta saling berbagi pengalaman.

“Ini juga untuk mencegah terjadinya permurtadan kepada masyarakat, khususnya di kabupaten yang berbatasan dengan Sumatra Utara,” jelasnya.(*/ha/mrd)

KOMENTAR