Persaingan browser memang cukup menyita banyak perhatian para netter, Microsoft dengan browser andalannya Internet Explorer (IE) kian tahun mulai meredup reputasinya di kancah peramban dunia maya tersebut. Bermunculannya berbagai pesaing yang lebih mengoptimalkan performa, fitur dan juga kecepatan membuat Microsoft kian tersandung batu tahun-tahun 2010 ini.

Kali ini, Microsoft akan memperkenalkan kembali IE versi 9 terbarunya. Kabar yang terdengar ke publik yang meliput langkah baru Microsoft untuk peramban barunya ini akan diluncurkan pada bulan September 2010 mendatang di San Franscisco, Amerika Serikat.

Sebelumnya pada Maret lalu, IE9–sebutan akrab peramban tersebut–secara terbuka sudah mulai memperkenalkan preview dari keunggulan versi teranyar produknya itu, mereka mengharapkan September nanti, para pengguna sudah bisa melakukan uji coba IE9 dengan versi beta untuk pertama kalinya.

Microsoft masih sangat serius dengan pasar web browser, walaupun reputasi mereka di tahun 2004 kian menipis dengan berbagai persaingan pasar, Microsoft masih berharap kejayaannya dengan peramban yang diberi nama Internet Explorer ini bisa dilirik oleh banyak pengguna daring.

Dari previews yang sempat dipublikasikan saat itu, peramban IE9 sudah didukung dengan platform HTML5, CSS3, penggunaan grafis Canvas, JavaScript yang lebih cepat serta penggunaan Web Open Font Format (WOFF) untuk bawaan dari fontnya sendiri. Jadi, kita tunggu saja unjuk giginya Microsoft bulan September nanti! (*/af/bnc)

KOMENTAR