Jakarta — Harus diakui, salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang kaya akan gizi, ialah bit. Banyak studi membuktikan, bit memiliki yang nama latin Beta vulgaris berasal dari keluarga tanaman Amaranthaceae.

Studi-studi itu juga mamaparkan, tanaman ini tingginya sekitar satu sampai tiga meter. Buah bit berwarna merah keungu-unguan, yang biasanya sering dijadikan sebagai pewarna makanan. Dalam situs Healthmeup, ada beberapa keunggulan dari bit, berikut di antaranya:

Agen Inflamasi. Jika Anda ingin nampak selalu awet muda, cobalah mengonsumsi bit merah. Mengonsumsi jus bit merah mentah mampu dijadikan sebagai agen inflamasi yang mampu mencegah penuaan dini.

Turunkan tekanan darah. Menikmati segelas jus bit merah lebih ampuh menurunkan tekanan darah daripada obat-obatan. Hal ini bukan berarti Anda harus meninggalkan obat sepenuhnya. Menggabungkan keduanya merupakan cara agar kondisi tubuh segera membaik.

Anti kanker. Beberapa senyawa di dalam bit merah, termasuk serat, merupakan agen anti kanker yang baik. Senyawa tersebut berfungsi menghilangkan sel tidak normal sebelum berkembang menjadi kanker.

Banyak Vitamin. Bit merah juga mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Umbi yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang biasa dikenal dengan asam folat. Kandungan tersebut baik dikonsumsi bagi ibu hamil untuk menurunkan risiko bayi yang terlahir cacat.

Kesehatan Tulang. Kandungan lainnya yang terdapat dalam bit merah ialah mangan dan kalium. Seperti diketahui, mangan penting untuk kesehatan tulang, hati, ginjal dan pankreas. Sementara kalium bertugas menjaga kesehatan saraf dan otot tubuh.

Sebagai informasi tambahan, bit merah dilengkapi dengan karbohidrat, magnesium, zat besi, tembaga, fosfor, caumarin, dan juga betasianin. (dbs)

KOMENTAR