es-buahPENELITIAN yang dipublikasikan oleh BMJ beberapa waktu lalu membenarkan salah satu kebijakan konvensional, yaitu makan buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Fakta menarik lainnya mengungkapkan bahwa jus buah dalam hal ini hanya dianggap sebagai makanan yang belum diproses.

Melalui analisis terhadap kebiasaan makan dari 187.382 subyek, selama beberapa dekade, tim peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi buah tertentu secara utuh secara signifikan berdampak pada menurunnya resiko diabetes tipe 2, padahal konsumsi jus buah diasosiasikan dengan resiko yang makin tinggi.

Diabetes Tipe 2 adalah tipe diabetes yang lebih lazim, serta tidak seperti tipe 1, bisa secara aktif dicegah melalui menu makanan yang seimbang. Data baru dari BMJ mengidentifikasi bahwa blueberry,anggur, apel, dan buah pir merupakan buah-buahan yang secara signifikan mampu mengurangi resiko diabetes.

Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun lalu. Para peneliti berupaya melakukan penelitian lebih lanjut untuk membandingkan efek meminum jus buah, yang mana sering dianggap sebagai pengganti makan buah, akan tetapi justru meningkatkan peluang untuk terkena diabetes.

Secara ilmiah dijelaskan bahwa ketika kamu mengubah buah menjadi jus, maka kamu membuang serat dan nutrisi lain, yang mungkin terkandung di kulit buahnya, hal ini meningkatkan indeks glikemik yang menjadikan gula semakin mudah untuk dicerna.

Diabetes adalah gangguan terhadap kemampuan tubuh mengelola tingkat glukosa, yang mana biasa terkandung dalam satu gelas jus buah. Seperti halnya penelitian epidemiologi jenis ini, ada sejumlah batasan dalam penemuan. Peserta diminta melaporkan konsumsi buah yang dilakukan, jenis buah (seperti apel dan pir) yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan nutrisional, dan yang lain tidak disertakan.

Sebagai akibatnya, lembaga penelitian menganggap hal ini informatif, tapi sebenarnya penelitian ini sendiri memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hasilnya dan untuk ‘mengungkap mekanisme di balik fenomena tersebut’.

Dari jabaran penelitian di atas seperti yang dilansir dari TheVerge, dapat disimpulkan bahwa ternyata makan buah secara utuh merupakan bentuk terbaik bila kamu ingin mendapatkan manfaat optimal dari buah. Jus buah merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan nutrisinya, akan tetapi memiliki resiko, terutama jika Anda potensial terkena diabetes. Akan lebih baik Anda meluangkan waktu untuk memakan buah secara utuh daripada membuat jus dari buah-buahan tersebut. (*/infospesial.net)

KOMENTAR