Sigli, Seputar Aceh – saat ini Pemerintah Aceh terus mengupayakan peningkatan minat baca masyarakat. Untuk itu, Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, membangun 600 lebih perpustakaan yang disebar di gampong-gampong seluruh Aceh. Program tersebut sudah dimulai Januari  2007 lalu.

“Pembangunan 600 lebih perpustakaan sebagai program menumbuhkan minat baca masyarakat, sehingga mereka tidak buta huruf,” kata Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Propinsi Aceh, Kamaruddin Husen Kamis (19/11).

Kata Kamaruddin, selain membangun perpusatakaan, yang paling yang harus dilakukan tentunya memberikan fasilitas buku-buku bacaan. Selain itu ia juga mengatakann, upaya untuk menumbuh kembangkan minat baca itu tentunya tidak dapat dilakukan tanpa adanya dukungan dari masyarakat.

“Kita bisa melakukan apa saja jika ada dukungan dari masyarakat,”.

Untuk itu Kamaruddin meminta kepada seluruh masyarakat Aceh agar tetap mendukung upaya pemerintah dalam menumbuh kembangkan minat baca. Sehingga hasil yang dicapai nantinya terasa dan berguna. “Saya optimis minat baca di Aceh setiap tahun akan meningkat,” kata dia. [sa-amr]

KOMENTAR