Surakarta —  Setelah sempat gagal dalam uji emisi sebelumnya, kini mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Surakarta yang diberi nama Esemka Rajawali akhirnya lolos uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi (BTMP).

Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengatakan sudah mendapat informasi bahwa Esemka lolos uji emisi. Sekarang, katanya Walikota Joko Widodo alias Jokowi yang tengah bertarung dengan Fauzi Bowo memperebutkan kursi DKI 1, sedang mengurus surat-surat lolos uji emisi di Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Selain mengurus surat resmi yang menyatakan Esemka sudah lolos uji emisi, masih kata Hadi Rudyatmo, pemerintah Surakarta segera mengurus surat uji tipe. Surat ini doiperlukan untuk utama untuk memulai produksi massal.

Hadi mengatakan pengumuman Esemka sudah lolos uji emisi secara resmi akan dilakukan pada 17 Agustus 2012 mendatang. Dia juga berencana mengarak Esemka keliling Surakarta pada 16 Agustus.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park, Gampang Sarwono, membenarkan berita itu. Gampang yang baru saja kembali dari Jakarta memastikan bahwa BTMP sudah meloloskan Esemka untuk uji emisi.

Menurut Gampang, Esemka berhasil memenuhi ambang batas uji emisi seperti standar yang ditetapkan BTMP. Untuk CO, ambang batasnya 5 gram perkm dan untuk HC+NOX, ambang batasnya 0,70 gram per km. (harianterbit.com)

KOMENTAR