Banda Aceh – Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh mengikat kerjasama dengan dokter dari Institut Jantung Negara (IJN), Kuala Lumpur, Malaysia, dalam hal menangani penyakit jantung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Instalasi Kateterisasi Jantung RSUZA, Dr M Diah Yusuf SpPD KKV kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (13/7).

RSUZA, katanya, telah mampu menangani kateterisasi jantung, seperti penyakit jantung koroner atau penyakit jantung iskemik, penyakit jantung bawaan, penyakit otot dan selaput jantung, serta gangguan irama jantung. “RSUZA telah mengirim tiga orang dokter spesialis jantung untuk sekolah ke Malaysia. Karena Aceh baru pertama kali ini melakukan penanganan pasien yang menderita penyakit jantung, sehingga butuh keahlian khusus yang harus dimiliki dokter spesialis jantung,” jelasnya.

Sementara Dato’ DR Amin Ariff Nuruddin, pakar jantung IJN, mengatakan baru pertama kali dia melihat fasilitas di RSUZA yang cukup modern. “Dengan fasilitas cukup bagus, tahap pembedahan jantung bisa lebih ditingkatkan lagi pada masa yang akan dating,” ujarnya.[mdb]

KOMENTAR