[quote]Oleh: Epi Suhaepi SPd[/quote]

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu cara masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang diselenggarakan secara nasional dan dibagi dalam dua kategori, yaitu melalui undangan dan ujian tertulis.

Untuk SNMPTN kategori undangan sudah final. Artinya, sudah ada pengumuman bagi pelajar tingkat SMA atau sederajat yang lulus SMPTN lewat jalur undangan.

SNMPTN 2012, jalur undangan sudah diumumkan pada tanggal 28 Mei lalu. Sedangkan untuk jalur lewat tes tertulis baru akan diselenggarakan pada 12-13 Juni.

Untuk pelajar yang lulus jalur undangan bisa bernafas lega karena sudah mendapat tiket masuk gerbang PTN yang dipilihnya. Lain halnya dengan pelajar yang harus mengikuti tes tulis, mereka harus berjibaku dengan sekian banyak pelajar seantero Nusantara. Mengingat akan jalur masuk PTN cukup sulit yang salah satunya melalui SNMPTN maka para pelajar yang akan mengikuti tes ini harus sudah persiapan jauh-jauh hari.

Dalam hal ini, sedikit banyak dibahas mengenai persoalan teknis untuk persiapan menghadapi tes tulis SNMPTN. Tanpa bermaksud menomorduakan aspek substansi, persoalan teknis ini penting karena seringkali dianggap mudah dan sepele padahal masalah teknis berperan juga sebagai kunci sukses untuk lolos tes tulis.

Persoalan teknis yang paling penting dilakukan pada hari sebelum tes tulis berlangsung. Persiapan itu di antaranya peralatan untuk ujian seperti pensil 2B, penghapus, penggaris, dan pulpen. Peralatan ini sangat sepele tapi kadang lupa atau hilang. Usahakan peralatan itu masing-masing ada dua sebagai cadangan atau antisipasi. Kemudian, kartu peserta juga sudah disiapkan dan dimasukkan ke dalam tas bersama peralatan ujian.

Penting juga untuk survei tempat dan ruangan agar ketika hari pelaksanaan tidak sibuk dengan mencari lokasi. Ada baiknya persiapan itu semua dilakukan H-2 ujian agar H-1 bisa digunakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, masih banyak persoalan teknis yang harus disiapkan. Dengan demikian, masing-masing para peserta tes tulis SNMPTN harus cermat apa saja yang harus mereka persiapkan dan lakukan. Wallahua’lam. (Suara Karya)

*Alumnus FIS UNY, Pengajar di BKB Nurul Fikri Kota Bekasi, Jabar

KOMENTAR