Flensburg – Rombongan dari Pemerintah Aceh dan Wali Kota Sabang Munawar Liza Zainal, akhirnya dapat memenuhi undangan Pameran dan Forum Investasi dan Promosi Aceh di Denmark, Sabtu (9/6). Acara yang diselenggarakan oleh World Acehnese Association (WAA) ini disambut langsung Konsulat Republik Indonesia, Marina Estella Anwar di Konsulat Republik Indonesia Hamburg.

Dalam pertemuan tersebut, Munawar juga turut menyampaikan sejumlah agenda kegiatan dan pertemuan dengan sejumlah Kedutaan Republik Indonesia, pelaku usaha, tour dan travel operator, mahasiswa dan masyarakat Aceh di beberapa negara Eropa.

Selain penyampaian berbagai agenda dari rombongan asal Aceh, Pemerintah Norwegia dan Denmark berkomitmen untuk mengirimkan 10 perawatnya untuk diperbantukan pada Akademi Keperawatan Ibnu Sina (AKIS), kota Sabang. Penegasan ini diperoleh dalam pertemuan Munawar Liza Zainal, anggota Dewan Kawasan Sabang (DKS) yang sekaligus Wali Kota Sabang dengan Inge Ruwald Koordinator, Perawat Internasional University Collage South, Denmark.

Pertemuan tersebut terjadi dalam perjalanan delegasi BPKS Sabang, Badan Investasi dan Promosi Aceh dan Rumoh Aceh Internasional dalam acara memenuhi undangan Pameran dan Forum Investasi dan Pariwisata Aceh Sabang di Aarhus dan Aalborg, yang dilaksanakan WAA di Denmark.

Dalam kesempatan yang sama, Munawar Liza juga yang didampingi Anwar Muhammad, Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Lukman Age Deputi Umum BPKS dan Fauzi Umar, Ketua Rumoh Aceh Internasional. Munawar menyampaikan apresiasi atas dukungan dan komitmen Pemerintah Denmark dan Norwegia terhadap peningkatan kualitas kesehatan bagi masyarakat khususnya Kota Sabang dan Aceh pada umumnya.

“Kerjasama ini merupakan tindaklanjut hasil Konferensi Perawat Internasional (KPI) yang dilaksanakan di kota Sabang pada bulan Juni 2011 lalu,” tegas Munawar.

Munawar juga mengharapkan pengiriman Perawat dari University Collage South, Denmark ke Akademi Perawat Sabang dapat memacu tranfer ilmu dan pengetahuan serta meningkatkan performance perawat Aceh untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Kota Sabang menuju Kota Sabang sebagai kota tujuan utama wisata dimasa akan datang. [*/samanui]

KOMENTAR