Home Berita Besok 48.837 Peserta SNMPTN Ikuti Ujian Tulis

Besok 48.837 Peserta SNMPTN Ikuti Ujian Tulis

Jakarta — Panitia lokal (Panlok) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Negeri Jakarta akan menguji 48.837 peserta ujian tulis untuk wilayah Panlok Jakarta (Panlok 30).

Ujian tersebut akan digelar di UNJ pada besok hari, Selasa 12-13 Juni 2012 dan tanggal 14-15 Juni akan ada ujian keterampilan.

“Peserta tersebut terdiri dari peserta IPA 17.658 peserta, IPS 2.567 peserta, IPC 6.012 peserta. Lokasi yang akan dipakai untuk SNMPTN Panlok Jakarta ada 91 sekolah dan empat universitas yakni UI, UIN, UNJ dan Univeritas Pancasila,” ujar Rektor UNJ Bedjo Suyanto, di kampus UNJ Jakarta, Senin (11/6).

Menurut Bedjo, tahun ini Palok Jakarta menerima 17 peserta yang berkebutuhan khusus ikut dalam ujian tulis ini. Mereka yang berkebutuhan khusus adalah peserta tuna netra 7 orang, tuna rungu 5 orang, tuna daksa 4 orang dan 1 orang mengalami patah tulang.

“Semua peserta berkebutuhan khusus akan melakukan ujian di Gedung Daksinapati UNJ dan akan ada mahasiswa dari UNJ jurusan pendidikan luar biasa FIP yang mendampingi,” katanya.

Bedjo menambahkan ada peningkatan jumlah peserta SNMPTN yang mendaftar melalui ujian tulis. Tahun lalu peserta ujian tulis di UNJ hanya 31.207 peserta. “Ada peningkatan sekitar 200ribu peserta.”

Kenaikan jumlah peserta ujian tulis kata dia, juga memicu adanya penambahan jumlah mahasiswa yang akan diterima di UNJ. Dari 31.207 peserta, tahun lalu UNJ hanya menerima 1.793 mahasiswa baru. Sedangkan tahun ini, UNJ menerima sedikitnya 2.171 mahasiswa baru.

Dari sisi persaingan nilai, program studi Pendidikan Guru SD (PGSD), dan Psikologi merupakan program studi terfavorit. Disusul dengan program studi lain seperti, Manajemen dan Akuntansi, Matematika, serta Pendidikan Bahasa Inggris.
Tapi tetap, rombongan yang terbesar ada di program studi PGSD dan Psikologi, ujarnya.

Berdasarkan komposisi penerimaan, kata Bedjo, tahun ini UNJ akan menerima sekitar 5.200 mahasiswa baru. Jumlah tersebut berasal dari SNMPTN (undangan dan ujian tulis) sebanyak 60 persen, dan sisanya akan dipenuhi oleh calon mahasiswa baru yang mengikuti ujian mandiri.

SNMPTN merupakan satu-satunya seleksi yang dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak. Tahun ini, SNMPTN dilaksanakan melalui jalur undangan dan jalur ujian tertulis. Jalur undangan didasarkan pada penjaringan prestasi akademik (nilai sekolah dan hasil UN).

Mengenai jumlah peserta secara nasional, sampai dengan tadi malam mencapai sekitar 620 ribu peserta. Sedangkan khusus untuk panitia lokal Jakarta, peserta ujian tulis mencapai 45.837 peserta. Lokasi ujian tulis di Jakarta antara lain di UNJ, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, Universitas Pancasila, serta 91 sekolah sebagai lokasi digelarnya ujian tulis.

Adapun untuk hasilnya, panitia SNMPTN 2012 akan mengumumkan melalui website resmi pada 7 Juli 2012. (Astra Desita/BIPNews)

KOMENTAR

Exit mobile version